Sunday, January 24, 2016

Gainclone IC LM1875: Asli atau Palsu?

Kiri LM1875T dari NS dan kanan adalah LM1875

Ini yang menjadi momok para DIY AUDIO pemula. Bagaimana mendapatkan IC yang asli atau original? Jawabannya pasti: spek fisik harus sesuai datasheet. Menyoal datasheet, LM1875 sesuai datasheet yang beredar hanya 2 perusahaan yang memproduksi yaitu Texas Instruments dan National Semiconductor.
Beberapa waktu lalu saya habiskan liburan pulang kampung ke Sukoharjo dan Solo. Sekitar 6 toko part Elektronik saya datangi,dan saya hanya menemui satu toko yang ready stock IC LM1875. OK,dapet ni barang. Tapi pertanyaan muncul, beberapa  referensi mengingatkan untuk hati-hati terhadap IC palsu atau sablonan dari IC TDA.
Malang melintang saya mencari referensi bagaimana ciri fisik IC LM1875 yang asli dan bagaimana yang palsu. 
Pelajaran pertama adalah: seharusnya perbanyak baca referensi baru beli. 

Nah ini udah beli baru bingung asli-tidaknya,akhirnya ya terpaksa kroscek sana sini jalan kesana kemarin.
Salah satu teman penghobi audio khususnya cabutan, yaitu mas Agus dari Semarang bilang kalo cabutan yang asli itu gak ada coak. Saran dia,daripada pusing muter-muter lebih baik cari cabutan.
Ditambah dengan ilustrasi datasheet lanjut beberapa referensi dari kaskuser, beberapa blog audio seperti diyaudiku dan tjeret, serta beberapa grup di fb saya simpulkan sebagai pelajaran kedua.
Pelajaran kedua: ciri LM1875 atau LM1875T (NS ya, TI susah disini)
  1. Pastikan no coak. Bodinya kotak penuh. (utama)
  2. Ada tanda bulat pada bodi untuk menunjukkan pin pertama. (utama)
  3. Tulisan nama IC dan serial number sejajar dengan tanda bulat (ada yang bilang yang penting ic n serialnya aja sejajar)
  4. Logam nya doff.
  5. Kisaran harga 20-30-45rb. Selain itu over budget,mending impor. Hehe

Ada 2 hal lagi sebenarnya,yaitu dari bentuk pin dan warna tulisan. 2 hal ini agak sulit dipahami bagi saya.
Berangkat dari pelajaran tersebut, saya nyatakan IC saya palsu (gambar kanan). Kenapa? Hipotesa saya IC ini adalah hasil sablonan dari IC TDA2050 atau mungkin malah TDA2040 atau TDA2030 dari ST karena ciri fisik nya mirip sekali. 
OK, berangkat lah saya mencari IC LM1875 yang saya idamkan bagaimana kualitas suara nya ini ke penjuru kota Semarang. Dan dapat di salah satu toko spare part elektronik hampir diujung Jalan MT Haryono. Saya mendapatkan IC dari gambar yang sebelah kiri. IC inilah yang saya yakini asli/ original.
Namun, saya berpikir ulang, kalau memang indiktornya coak dan tidak kemudian lurusnya tulisan, mungkin juga IC dari UTC buat disablon yak... Semoga saja banyak orang jujur diluar sana. Amin :D

Beberapa tips untuk yang yang hunting ini IC, saya rangkum menjadi pelajaran ketiga.
Pelajaran ketiga: Tips Hunting IC LM1875
  1. Pahami betul spesifikasi yang tercantum pada datasheet.
  2. Awali dengan browsing ke beberapa toko online sampai dengan kumpulan toko online. Bandingkan fisik dan harga.
  3. Bagi yang males jalan, boleh lah langsung order ke toko online itu.
  4. Bagi yang suka jalan, ini kesempatan juga buat ngobrol sesama penghobi di toko spare part elektronik. Sukur-sukur ketemu jodoh... Hehe
  5. Bagi yang suka jalan, saran saya adalah cari terutama toko yang tua. Toko tua punya stok yang cenderung asli.
Beberapa saya lampirkan foto perbandingan berikut:
Koleksi IC saya.


Saya tambahkan juga koleksi Datasheet saya: 1DISINI 2DISINI 3DISINI 4DISINI
Semoga bermanfaat. Sukses selalu.

Update:
Kemungkinan LM1875 saya adalah produksi UTC. Hal ini karena adanya coak pada body
Tapi kecurigaan saya adalah kenapa tidak ada label UTC pada body?
Mari saling belajar, yang mau berpendapat bisa melalui kolom komentar berikut.

10 comments:

  1. awal tahun 2013 saya tenukan lm1875 di toko elektro di pasar prmbanan, tp saat ini tokonya pindah entah kmana krn renovasi total pasar. saat itu sy dapet dgn harga 13ribu, ciri2 sih no coakan, mirip ciri asli, logo natsemi. sy rakit dan hasilnya sngat bagus, sy bndibgin dgn tda2050 blm ada apa2nya. sy suplay dgn vcc yg sama, hasilnya daya lbih kecil dr tda2050, sy asumsikan tda 30watts, lm 20 watts. dan lm ini jg lbih panas, hal ini mmbuat sy tringat karakteristik ampli klas A. smpai saat ini sy msih ragu dgn keaslian ic tersebut. tp suara mak nyuzz. utk thn ini 2013 sy ksulitan mncari part yg kualitasnya spt itu. dan utk subwoofer sy mengandalkan bridge dari lm3886 oruginal, ic dapet dr mas atma www.diyaudioku.blogspot.com. prtimbangan sub dgn lm3886 adlah : thd lbih rendah dr tda7294. bas mantaf krn bridge, jernih smua freq terepro dgn menonjol. salam DIY

    ReplyDelete
  2. salam kenal...btw ic unyil asli yg melegenda akhirnya sy punya..awalnya sy beli bbrp & langsung sy test uji dengar hasilnya mengalahkan semua serial unyil2 yg telah sy beli selama ini..setelah yakin unyil ini asli sy langsung memborongnya...jika para diyers ada yg berminat monggo silahkan, eitt tp stok terbatas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk ic Tda apa lm masashi? Di Semarang kab?

      Delete
    2. Minat dong om adhi, lm1875 butuh 2 pcs yg asli. Klo masih email sy please ke gotry2705@gmail.com thanks

      Delete
  3. kuping kaleng, belum bisa bedakan kualitas suara LM dan TDA hehe

    ReplyDelete
  4. kuping kaleng, belum bisa bedakan kualitas suara LM dan TDA hehe

    ReplyDelete
  5. kuping kaleng, belum bisa bedakan kualitas suara LM dan TDA hehe

    ReplyDelete
  6. kuping kaleng, belum bisa bedakan kualitas suara LM dan TDA hehe

    ReplyDelete
  7. bang saya pengen merakit amplifier 2.1 chc(kalo 🤫biasah mirip karakter suara simadda)untk kamar buat d pake game..
    tapi apalah daya saya blom tahu apa apa tentang audio..saya sangat butuh guru ttntang kit apa yang harus saya beli untuk hasil memuaskan..mohin bantu bang #ini nomor saya 081355424434/wa

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli aja kit di toped, banyak yang jual.
      ada yang tinggal colok ada yang masih nyolder2..

      ps: jangan sembarangan nyantumin no hp di internet, apalagi public gini blog ini

      Delete