Tuesday, January 26, 2016

Proyek 1: Merakit Gainclone LM1875

Sekilas tentang Si Unyil
Unyil atau mini gainclone bahkan ada yang menyebut nano gainclone adalah Power Amplifier mini dengan IC LM1875. IC ekonomis buatan National Semiconductor/ Texas Instruments/ UTC ini sangat terkenal di kalangan DIY AUDIO sampai kalangan Audiophiller. Karakter suara bening bersih bahkan mirip Power Amplifier tabung kata beberapa orang. Saya sendiri sih belum pernah dengar bagaimana kualitas suara yang dihasilkan.

PCB dari Pak Atma
Percobaan merakit pertama saya percayakan pada PCB karya Pak Atma dari DIYAUDIOKU. Saya pesan PCB beberapa set dan dikirim ke Semarang. Pelayanan cepat dan kualitas PCB bagus dengan desain simple lengkap dengan topologi star grounding. Bagi yang berminat bisa menuju blog beliau di http://diyaudioku.blogspot.co.id atau serach aja ATMA di Tokopedia.
PCB datang setelah 2 hari kerja. Paket saya buka lengkap dengan list komponen. Sayang, beberapa list kurang sesuai dengan kebutuhan PCB. Overall masih worthed karya beliau.

Belanja dan Kapasitor MKP
Saatnya belanja, dengan amatir nya saya berbekal PCB dan list komponen dalam paket saya menuju Jalan MT Haryono Kota Semarang. Sekitar 7-8 toko saya masuki mulai dari paling selatan yaitu daerah simpang dengan Karangsaru sampai dengan Bundaran Bubakan. Hal yang perlu dipahami adalah pengetahuan dasar tentang bentuk resistor, tipe dioda sampai dengan tipe kapasitor. Bodohnya saya, saya belum memahami poin terakhir, memahami tipe kapasitor. Tipe kapasitor ternyata banyak sekali mulai dari elko, keramik, mylar, MKT, MKP, MKS, MKM dll. Belum sampai disitu, kapasitor tersebut ternyata punya nickname tersendiri di beberapa toko. Hasil dari itu semua adalah saya salah beli kapasitor ukuran 100nF. Hal ini merambat hingga PCB dari Pak Atma tidak dapat digunakan karena 100nF yang saya beli adalah tipe MKP yang super gede 10x dari slot yang dianggarkan Pak Atma.
Kompensasi kesalahan saya adalah mencari solusi yang tepat dan hemat untuk tetap mensukseskan Proyek Pertama ini. Dimulai dengan balik lagi beli PCB lubang dilanjutkan memahami desain PCB dari Pak Atma dan terakir menyesuaikan layout untuk komponen yang saya miliki. Alhamdulillah, bisa juga melalui tahap ini dan cerita dilanjutkan dengan proses pembuatan  disertai gambar berikut:

Alat dan Bahan
Bahan yang digunakan mayoritas adalah generik. IC LM1875 yang saya gunakan adalah yang versi coak, kan buat percobaan awal. :D
Alat buat re-Layout seperti diatas: pinset, mata bor, pemotong kuku. Saya lupa untuk melampirkan foto gergaji PCB dan tang.

Pasang Komponen pada PCB
Ukur supaya simetris.
Timelapse pemasangan komponen PCB.
Hasil pemasangan komponen. Kaki komponen ditekuk sesuai jalur yang tercantum pada PCB dari Pak Atma
Siap disolder.

Hasil akhir. Siap ditancapkan Power Supply.
Terlihat 3 buah 100nF MKP warna kuning cerah yang jadi pewarna dalam Proyek Pertama ini.
OK, clear. Semua komponen terpasang. Saatnya untuk merangkai Kit Power Supply nya.
Sampai jumpa pada artikel selanjutnya.

3 comments:

  1. Gan, bisa lihat pcb layoutnya lm1875?

    ReplyDelete
  2. Mas, bisa minta sekema nya atau layout. Dan kalau ada ic lm 1875 asli atau kit jadi bisa Hub;081234892549.

    ReplyDelete
  3. Mas, bisa minta sekema nya atau layout. Dan kalau ada ic lm 1875 asli atau kit jadi bisa Hub;081234892549.

    ReplyDelete