Thursday, January 28, 2016

Proyek 2: Snubberized Power Supply Unit PSU


Proyek 1
Proyek 1 alias pertama ini membuat Power Amplifier Gainclone dengan IC LM1875. Perakitan Board Amplifier sudah berhasil dan terdokumentasi lewat artikel sebelumnya di http://hobiaudio.blogspot.co.id/2016/01/proyek-1-merakit-gainclone-lm1875.html. Selanjutnya, setelah langkah pertama perakitan Power Amplifier adalah memberikan catu daya.

Catu Daya
Catu daya, power supply atau PSU adalah jantung penyuplai tenaga sebuah rangkaian elektronika. Tegangan pas, arus mumpuni hingga kebersihan dari ripple yang dituntut dari bagian ini. Bagian ini sepaham saya terdiri dari Trafo, Dioda penyearah dan Kapasitor filter.

Kesalahan yang Berlanjut
Seperti artikel sebelumnya, banyak pelajaran yang harusnya dipelajari lebih awal dari para DIY-er. Pemahaman fungsi komponen hingga penyesuaian ketika part tersebut tidak tersedia. Sama halnya ketika merakit board PA nya, kapasitor yang terbeli adalah 100nF MKP. Biang kerok sekaligus lejitan saya untuk belajar lagi. Akhirnya, beralih juga dari board pesanan Pak Atma ke PCB bolong.




DIODA MUR860 atau DIODA MUR1560
Kesalahan berlanjut, desain board dari Pak Atma ini inovatif. Saking inovatifnya, saya tidak paham ketika biasanya dioda penyearah menggunakan Dioda yang dibentuk bridge atau pakai Dioda Bridge diganti dengan komponen berupa DIODA MUR860 atau DIODA MUR1560. Berbagai toko saya tanyai tidak paham, dan selalu menyanyakan dioda nya mau yang berapa ampere? Solusi pun muncul ketika saya tanyakan ke desainer PCB dan beliau menyarankan menggunakan Dioda biasa ukuran 6 A. Sedikit modifikasi, saya menggunakan bridge ukuran 6 A agar lebih rapi. Toh sama-sam ganti PCB, Sekalian lah.

Trafo hingga Komponen
Trafo yang digunakan pada Proyek 1 ini adalah Trafo 17V CT 3 A murni cabutan kompo pinjaman dari Mas Agus. Selanjutnya, komponen yang digunakan adalah sbb:
  1. Terminal sekrup 3 lubang besar 1 bh
  2. Terminal sekrup 3 lubang kecil 3 bh
  3. Dioda Bridge 6A
  4. 2K2 R 3 bh
  5. Elko 6800 uF/ 50V 4 bh
  6. 0R47/ 5W 2 bh
  7. LED 1 bh
  8. Kapasitor 100nF 2 bh
  9. PCB lubang 1/2 batang
  10. Timah solder.
Relayout-Soldering
Ini selalu menantang dari setiap board yang dirakit. Relayout! Selanjutnya, solder yang kepanasan dan berakhir tembaga copot.

Hasil solderannya payah ya >.<
Overall, board ini selesai dengan selamat.
Sampai jumpa pada board selanjutnya. :)
Hasil akhir.
referensi tambahan: 3. http://diyaudioku.blogspot.co.id/2013/05/snubberized-psu-untuk-gainclone-untuk.html






3 comments: